Hubungannya Ilmu Sosial Dasar dengan Kemiskinan

Masalah sosial yang saya kerjakan adalah mengenai kemiskinan. Saat ini saya akan memberitahukan hubungannya Ilmu Sosial Dasar dengan Kemiskinan. Seperti yang telah saya jelaskan di entri sebelum entri ini dimana pengertian Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang meneelaah masalah masalah sosial salah satunya kemiskinan. Tujuan Ilmu Sosial Dasar adalah kita memahami masalah kemiskinan di lingkungan sekitar kita dan ikut serta untuk menanggulangi masalah kemiskinan disekitar kita. Pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial adalah kajian tentang masyarakat dan hubungannya dengan kemiskinan disini adalah kita mengkaji tentang kehidupan masyarakat yang kurang mampu yang membuat kemiskinan terjadi disekitar kita. Perbedaan Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) antara lain ISD dipelajari di perguruan tinggi dan IPS dipelajari di tingkat sekolah dasar dan sekolah lanjutan dimana perbedaan itu jelas jelas membuat ISD ditujukan kepada pembentukan sikap dan kepribadian sedang IPS hanya untuk keterampilan intelektual hubungannya dengan kemiskinan yang kita bahas disini adalah lebih mengarah kepada ISD dimana ilmu ini dipelajari diperguruan tinggi oleh mahasiswa untuk menyimpulkan kesimpulannya sendiri mengenai kemiskinan dan pastinya ikut serta dalam penanggulanan masalah sosial ini.
Faktor - faktor pertumbuhan dan pertambahan penduduk sangat berpengaruh besar dengan terjadinya kemiskinan. Dengan adanya pertumbuhan dan pertambahan penduduk yang tidak terbatas membuat penduduk semakin bertambah banyak tetapi lahan pekerjaan semakin sedikit dan telah dipadati oleh banyak penduduk. Lahan pekerjaan yang sedikit akan menyebabkan banyaknya pengangguran yang tidak dapat memenuhi kebutuhan mereka masing-masing terlebih lagi bagi sebuah keluarga yang tidak dapat memenuhi kebutuhan sehari hari mereka.
Kebudayaan di Indonesia sangat kurang diperhatikan dalam hal ini. Kemiskinan tidak hanya kemiskinan dalam hal materi. Masyarakat Indonesia juga mengalami kemiskinan dalam pengetahuan mengenai kebudayaannya sendiri. Masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak mengetahui kebudayaan- kebudayaan di negaranya sendiri yaitu Indonesia. Kepribadian Masyarakat Indonesia yang seperti inilah yang membuat masyarakat indonesia mengalami kemiskinan mengenai pengetahuan tentang kebudayaannya sendiri.
Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota. Hal ini adalah salah satu sebab terjadinya pertambahan penduduk di Indonesia. Banyaknya masyarakat dipedesaan yang memutuskan untuk pindah ke kota terutama Ibu Kota Jakarta. Mereka menerima banyak kabar dari kerabat mereka mengenai kesuksesan yang mereka dapat di Jakarta. Padahal kabar yang mereka terima belum tentu dapat terjadi kepada mereka juga. Pekerjaan di Jakarta cukup sulit didapatkan jika bukan lulusan sarjana. Kebanyakan masyarakat desa yang datang ke kota Jakarta memiliki pendidikan hanya sampai tingkat smp atau sma yang membuat mereka sulit mendapatkan pekerjaan. Ketika masyarakat desa yang pindah kekota sulit mendapatkan pekerjaan itu akan membuat mereka tidak memiliki pekerjaan dalam waktu tertentu. Hal ini membuat bertambahnya pengangguran di Ibu Kota Jakarta kita ini yang tentunya membuat masalah sosial mengenai kemiskinan ini semakin buruk.
Sekian pendapat saya mengenai hubungan Ilmu Sosial Dasar dengan masalah sosial yang saya bahas pada topik kali ini yaitu mengenai kemiskinan. Terima Kasih

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Download this Blogger Template From Coolbthemes.com